PUSTAKA SASTRA SULSEL

Peta Sastra dan Budaya Sulawesi Selatan saat ini sudah mulai nampak nyata pada permukaan peta sastra Indonesia. hal itu dapat dilihat dari buku-buku yang ditulis oleh penulis-penulis sastra budaya Sulsel, baik yang terbit di Sulawesi selatan, maupun yang terbit di luar Sulawesi Selatan.

Beberapa buku yang ditulis maupun yang dieditori oleh para sastrawan dan ahli sastra kita juga telah meneropong kehadiran sastra Sulawesi Selatan sebagai basis sastra yang perlu diperhitungkan di masa depan. Sebutlah misalnya, “9 Jawaban Sastra” oleh Maman S. Mahayana, telah menyebut-nyebut beberapa nama “generasi muda” penyair Sulawesi Selatan  seperti Aslan Abidin, Muhary Wahyu Nurba, Tri Astoto Kodarie, Tomy Tamara, Badaruddin Amir dll. Juga dalam buku tebal  “Ensiklopedi Sastra Indonesia” susunan Prof. Dr. Hasanuddin WS, telah memasukkan nama-nama penting penyair dan sastrawan muda Sulawesi Selatan, serta buku “Leksikon Kesusastraan Indonesia” yang disusun oleh Korrie Layun Rampan dan diterbitkan oleh Gramedia, telah memasukkan beberapa nama penyair/sastrawan muda Sulawesi Selatan. Hal ini menandakan bahwa dalam peta sastra Indonesia, Sulawesi Selatan tidak lagi hanya menenpati satu titik kecil yang tak terlihat dipermukaan.

Selain dari apa yang dapat diungkap oleh para pengamat sastra kita itu, satu hal yang sangat menggembirakan  serta lebih menegaskan lagi kehadiran Sastrawan Sulsel dalam peta sastra Indonesia adalah terbitnya puluhan buku-buku sastra yang ditulis oleh para penulis Sulsel. Kendati buku-buku tersebut, sebagaimana buku-buku terbitan daerah lainnya, tak dapat merambah seluruh wilayah Indonesia (kecuali beberapa di antaranya), namun telah mempertegas kehadiran penulisnya dalam Peta Sastra Indonesia.

Laman ini berupaya untuk mendokumentasikan anotasi buku-buku tersebut sebagai bukti bahwa di bidang sastra dan budaya, Sulsel tak ketinggalan dengan daerah-daerah lainnya. Berikut adalah buku-buku yang dimaksud ( diurut menurut abjad), semoga ada manfaatnya  :

A   –   B   –   C  – D   –   E   –   F   –   G  –  H   –   I   –   J   –   K   –   L 

M   –   N   –   O   –   P   –   Q   –   R  –  S   –   T  –   U   –   V   –   W  

X   –   Y   –   Z

Satu Tanggapan to “PUSTAKA SASTRA SULSEL”

  1. hahaha…GARIS TENGAH MALAM (Kumpulan Puisi Ridwan Demmatadju 1996) kita lupa tulis bos..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: