Aku Ingin Punya Anak

Puisi Badaruddin Amir

 

aku ingin punya anak

seperti mereka yang punya anak

rindu tangis bayi

dan bau pesing popoknya

saban malam jika istriku terbangun

dan bertanya

sudah ganti popok si upik, pa ?

 

aku ingin punya anak

seperti mereka yang punya anak

bersama membesarkan huah cinta

dengan kasih sayang papa-mama

tanpa pamrih dan tanpa mengharapkan

balas budi kecuali harapan agar si anak

kelak jadi manusia berguna kepada sesama

 

aku ingin punya anak

seperti mereka yang punya anak

dapat mengenrti kesulitan orangt tua

yang tak punya apa-apa

kecuali nasihat-nasihan yang berguna

karena ditimba dari pengalaman nyata

 

aku ingin punya anak

seperti Lukmanul Hakim punya anak

penurut pada orang tua tapi punya pendirian

yang tegas bagi apa yang dianggapnya benar

 

aku ingin punya anak

meski ia adalah anak panah

yang ditembakkan sang Khalik ke dunia

dan aku hanyalah busurnya*)

 

 

Barru, 1997


* ) bait ini mengacu pada sajak Kahlil Gibran

 

Tinggalkan Balasan

